Sunday, April 12, 2020

Dasum Ma'futsani PKK XI TKRO 1 dan 2


Apa Itu Desain Produk ?


Kata desain sering di artikan sebagai sebuah rancangan, rencana atau gagasan.
Pengertian desain bisa  dilihat dari berbagai sudut pandang dan konteksnya. Desain juga dapat diartikan sebagai suatu kreasi untuk memenuhi kebutuhan dengan cara tertentu. Desain juga dapat merupakan pemecahan suatu masalah dengan target yang jelas.
Jadi jelaslah bahwa desain tidak semata-mata rancangan di atas kertas, tetapi juga proses secara keseluruhan sampai sebuah rancangan, rencana atau gagasan terwujud dan memilki nilai.
Berdasarkan hal tersebut, maka desain adalah suatu hasil apresiasi dan kreasi yang berasal dari gagasan atau ide manusia dalam upaya memberdayakan diri melalui hasil ciptaannya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.
Dalam kaitannya dengan sebuah produk, pengertian desain produk adalah proses kreasi sebuah produk yang menggabungkan unsur fungsi dan estetika sehingga bermanfaat dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat.
Desain produk adalah konseptualisasi ide tentang produk dan transformasi ide menjadi kenyataan. Untuk mengubah ide menjadi kenyataan, sebuah spesifikasi tentang produk disiapkan. Spesifikasi ini disiapkan dengan mempertimbangkan berbagai kendala seperti proses produksi, harapan konsumen, dan sebagainya. Dalam tahap desain produk sampai keputusan akhir mengenai produk, setiap aspek produk dianalisis. Keputusan ini dapat berupa aspek apa pun yang terkait dengan produk, misalnya dimensi dan toleransi, jenis bahan untuk setiap komponen, dan sebagainya.

Urgensi Desain Produk Bagi Perusahaan


Desain produk merupakan salah satu faktor paling penting dan sensitif bagi suatu perusahaan. Keberhasilan atau kegagalan produk menentukan bisnis, pangsa pasar, dan reputasi perusahaan. Jadi selama tahap desain produk, berbagai faktor yang terkait dengan produk perlu ditangani.
Desain produk juga merupakan proses pembentukan dan pengembangan ide yang efisien dan efektif dalam rangka menciptakan produk baru. Desain produk mencakup semua pekerjaan desain teknik dan industri yang digunakan untuk mengembangkan produk, mulai dari konsep awal hingga produksi, dan akhirnya mengubahnya menjadi penemuan nyata sebuah produk.
Produk desainer berperan menggabungkan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk menciptakan produk-produk baru yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.
Desain produk yang baik biasanya didasarkan pada riset pasar.
Dasar pemikiran sebuah produk dibuat adalah bertujuan untuk memberikan solusi dan manfaat bagi kebutuhan manusia. Inovasi dan pengembangan produk dalam desain produk akan menghasilkan sesuatu yang baru dan menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Sehingga membuat perusahaan menjadi pelopor dan bisa memenangkan persaingan di pasar.

Pengertian Desain Produk Menurut Para Ahli


Beberapa ahli di bidangnya telah mendefiniskan tentang definisi desain produk, antara lain :
  1. Yus R Hadjadinata (1995) menyatakan bahwa desain produk berkaitan dengan bentuk dan fungsi. Disain tentang bentuk berkaitan dengan perencanaan dan penampilan dari produk. Sedangkan desain tentang fungsi berkaitan dengan bagaimana produk dapat digunakan.
  2. Suyadi Prawirosentono (1996), desain produk adalah rancang bangun dari suatu produk yang akan diproduksi.
  3. Bagas Prastyowibowo (1999), desain produk adalah salah satu unsur untuk memajukan industri agar produk hasil industri tersebut dapat diterima oleh masyarakat, karena produk tersebut memilikii kualitas baik, harga terjangkau, desain menarik, mendapatkan jaminan dan lain sebagainya.
  4. Franklin G Moore dan Thomas E Hendrick (1999), desain produk merupakan hal yang sangat penting, karena produk baru dapat menaikan dua kali atau tiga kali omset suatu organisasi pada suatu waktu.
  5. Imam Djati Widodo (2005), desain produk adalah suatu pendekatan sistematis untuk mengintegrasikan perencanaan produk dan proses yang berpengaruh, termasuk manufaktur dan pendukungnya.
  6. Brutou & Margaret,(2006) desain produk adalah pengembangan produk (barang) yang dirancang untuk memenuhi kepuasan konsumen.
  7. Kotler dan Armstrong (2008), desain produk adalah konsep yang lebih besar dari sekedar gaya. Gaya bisa menarik perhatian atau membosankan dan juga gaya hanya mendeskripsikan penampilan produk. Gaya yang sensasional selain bisa menarik perhatian juga bisa menghasilkan estetika yang indah, tetapi gaya tersebut belum tentu bisa membuat kinerja produk menjadi lebih baik. Sedangkan desain produk bukan hanya sekedar penampilan luar, desain produk adalah jantungnya sebuah produk.
  8. Kotler dan Keller (2009) berpendapat bahwa desain produk adalah totalitas fitur yang mempengaruhi penampilan, rasa, dan fungsi produk berdasarkan kebutuhan pelanggan.
Tugas  !!

Hari Senin,13 April 2020


1.Buatlah seketsa Design Product yang dulu ernah kamu gambar sesuai roduk yang dipilih.
2.Tulislah design promo yang kamu pilih dalam product yang pernah kamu gambar di buku,tapi sekarang diperindah lagi.

Hasil dikirim di email dengan alamat mafutsanidasum72@gmail.com

No comments:

Post a Comment