Tuesday, August 11, 2020

KONDISI SOSISL KEMASYARAKATAN

4.Kondisi Sosial Kemasyarakatan

Penduduk Andalusia terdiri dari Arab,Barbar,Spanyol,Yahudi dan Slavia.Bangsa Arab dan Barbardatang ke daratan ini sejak penaklukan.Orang Barbar di tempat daerah perbukitan yang kering dan tandus di bagian utara negeri ini.
Penduduk Spanyol terdiri dari
1. Kelompok yang telah masuk Islam
2. Kelompok yang tetap dalam keyakinan mereka tetapi meniru tradisi kebiasaan bangsa Arab.
3. Kelompok yang tetap pada keyakinan mereka dan setia kepada warisan budaya nenek moyangnya.
Sedangkan golongan Slavia adalah golongan budak yang mendapat kepercayaan al-Nashir untuk menjadi engawal istana.Mereka dididik dibidang kemiliteran dan diangkat menjadi tentara pemerintahan.Jumlah mereka di istana Az-zahra pada waktu itu mencapai 3750 orang.
5.Hubungan Luar Negeri
Pada masa an-Nashir hubungan dengan negara negara tetangga diperluas.Misalnya hubungan dengan Bizantiumdalam pembuatan mihrob masjid agung Cordova dan pembangunan az-zahra.Bizantium pernah mengirim Nicholas untuk menerjemahkan sebuah buku kedokteran yang dihadiahkan kepada an-ashir dari bahasa Yunani ke dalam bahasa Latin yang selanjutnya diterjemahkan oleh Ibnu Sybruth ke dalam bahasa Arab.
Provense adalah salah satu negara yang merasa mendapatkan ancaman erluasan kekuasaan muslim di Laut Tengah.Menyadari hal itu raja Provense meminta bantuan kepada Otto,Kaisar Jerman(kaisar imperium Roma suci)untuk menghadapi ancaman tersebut.Otto mengirimkan delegasinya ke Cordova untuk menemui an-Nashir.An-nashir mengirim balasan delegasibalasan ke Jermandibawah pimpinan uskup Rabi’bin Zaid.

C.Perkembangan Peradaban Islam
   Di Daulah Fathimiyah ( 909-1171 M )
1. Sejarah Berdirinya Daulah Fathimiyah
Berdirinya Daulah Fathimiyah dilator belakangi melemahnya Daulah Abbasiyah.Daulah Fathimiyah mengklaim sebagai keturunan garis lurus dari pasangan Ali bin Abi Tholib dan Fathimah binti Rosul.
Menurut mereka Abdulloh bin Mahdi yang merupakan pendiri dinasti ini merupakan cucu Ismail bin Ja’farAAsh-shodiq.Sejarah mencatat tatkala Ja’far Ash-shodiq(kakek dari Ismail) wafat ,Syiah pecah menjadi dua cabang :
1.Meyakini Musa al-Al-Kazim sebagai imam ketujuh pengganti imam Ja’far.
2.Mempercayai bahwa Ismail bin Muhammadal-Maktum sebagai imam Syi’ah ketujuh.Cabang yang kedua di Syi’ah Ismailiyah.
Syi’ah Ismailiyah pada masa itu tidak begitu tampak bentuk gerakannya secara jelas sehingga munculla Abdullah bin Maimun yang membentuk syi’ah Ismailiyah sebagai sebuah system gerakan politik keagamaan.Berjuang mengorganisir propaganda syi’ah Ismailiyah dengan tujuan menegakkan kekuasaan Fathimiyah dengan cara mengirimkan misionaris secara rahasia ke segala penjuru wilayah muslim untuk menyebarkan ajaran syi’ah Ismailiyah.
Sebelum Abdulloh bin Maimun wafat,beliau menunjuk pengikutnya yang paling bersemangat yaitu Abdulloh al-Husain sebagai pemimpin syi’ah Ismailiyah.Ia adalah orang Yaman asli.Ia menyeberang ke Afrika Utara dan berkat propagandanya yang bersemangat ia berhasil menarik simpatisan suku Barbar hususnya dari kalangan Kitamah menjadi pengikut setia gerakan ahli bait ini.
Setelah berhasil menegakkan pengaruhnya di Afrika Utara,Abu Abdullah bin Husain menulis surat keada Imam Ismailiyah,yaitu Sa’id bin Husain As-Salamiyah agar segera berangkat ke Afrika Utara untuk menggantikan kedudukan sebagai pemimpin tertinggi gerakan Ismailiyah.Said mengabulkan undangan tersebut dan memproklamirkan dirinya sebagai putra Ali Habib,seorang cucu Imam Ismail.Setelah berhasil merebut kekuasaan Ziyadatulloh,ia memproklamirkan dirinya sebagai pimpinan tertinggi gerakan Ismailiyah.
Gerakan Ismailiyah berhasil menduduki Tunis,pusat pemerintahan dinasti Aghlabiyah yang terahir yaitu Ziyadatulloh.Sa’id kemudian memproklamirkan dirinya sebagai imam dengan gelar “Ubaidulloh al Mahdi”.Dengan demikian terbentuklah pemerintahan dinasti Fathimiyah di Afrika Utara dengan Al-Mahdi sebagai kholifah pertamanya.

Monday, August 10, 2020

B.MEMANDIKAN JANAZAH

B. Memandikan Jenazah.
Memandikan janazah adalah menyiram janazah dengan air,membersihkan kotorannya dan mensucikan dari hadats dan najis menurut ketentuan ajaran Islam.
1. Syarat syarat janazah yang wajib dimandikan
a. Janazah yang dimandikan adalah seorang muslim atau muslimat
b. Ada tubuhnya walaupun sedikit
c. Janazah bukan karena mati syahid(mati berperang di jalan Alloh)
d. Ada air untuk membersihkan janazah.Jika tidak ada air cukuplah ditayamumkan.
2. Orang yang berhak memandikan janazah
a. Suami atau istri
b. Mahromnya ( ayah,kakak,ibu,adik dll)
c. Sesama jenis,janazah laki laki dimandikan laki laki dan janazah perempuan dimandikan perempuan.
d. Orang yang dipercaya,amanah dan mengetahui cara dan hokum memandikan janazah sesuai Sunnah yang diajarkan dan tidak menyebutkan sesuatu aib,bias menjaga rahasia yang dilihaatnya.
3. Persiapan untuk memandikan janazah
a. Menyediakan air yang suci dan mensucikansecukupnya dan mempersiapkan perlengkapannya seperti handuk,sabun,wangi wangian,kapur barus dan lain lain.
b. Mencari tempat untuk memandikan janazah.Usahakan tempat yang digunakan adalah tempat yang tertutup sehingga hanya orang orang yang berkepentingan saja yang berada ditempat pemandian janazah.
c. Jika perlu disediakan sarung tangan
d. Menyediakan kain kafan secepatnya.
4. Cara memandikan janazah
a. Niat karena Alloh Swt.
b. Membalut janazah dengan kain tebal(tidak transparan)untuk menutup auratnya kemudian melepas baju yang masih dikenakan si mayit,sehingga ketika dimandikan janazah dalam keadaan tertutup auratnya.
c. Meletakkan janazah membujur dengan kepala ke arah utara,kaki kea rah selatan,atau sesuaikan dengan ruang yang tersedia.
d. Meninggikan posisi kepala daripada badannya supaya air tidak masuk ke dalam rongga mulut dan hidung.
e. Melepaskan hiasan dan gigi palsunya jika memungkinkan.
f. Membersihkan rongga mulutnya,kuku kukunya dan seluruh tubuhnya dari kotoran dan najis.
g. Untuk membersihkan kemaluan dan anus atau bagian bagian aurat dapat dilakukan dengan merogohnya.
h. Memulai memandikan dengan membersihkan anggota wudhunya dengan mendahukukan yang kanan dengan menyiramnya hingga rata tiga,lima atau tujuh kali sesuai kebutuhan.
i. Pada waktu memandikan hendaknya dengan hati hati,lembut dan sopan.
j. Pada ahir siraman hendaknya dicampur dengan wangi wangian seperti kapur barus atau daun bidara.
k. Mengeringkan badan janazah dengan handuk dan berilah wangii wangian.Jika rambut jenazah panjang hendaknya dikepang jika memungkinkan.
5. Ketentuan khusus tentang memandikan janazah
a. Orang yang syahi dalam peperangan karena membela agama Alloh tidak dimandikan,cukup dimakamkan dengan pakaian yang melekat ditubuhnya(tanpa dimandikan,dikafani dan disholatkan).
b. Orang yang wafat dalam keadaan ikhrom dirawat seperti biasa tetapi tidak diberi wewangian.
c. Orang yang syahid selain peperangan membela agama Alloh seperti melahirkan,terbakar ,tenggelam dirawat seperti biasa.
d. Janazah janin yang telah berusia 4 bulan dirawat seperti biasa.
e. Apabila terdapat halangan untuk memandikan janazah maka cukup diganti dengan tayamum.
f. Bagi orang yang telah memandikan janazah disunahkan untuk mandi.
C. Mengkafani Jenazah.
Setelah janazah dimandikan,kewajiban selanjutnya terhadap janazah adalah mengkafani janazah dengan kain.Kain diambil dari harta si janazah jika ada,jika tidak ada,maka diwajibkan kepada orang yang mengurusi ketika hidupnya,dan jika tidak ada pula,maka diambilkan dari Baitul Mal atau dibebankan kepada orang yang mampu.Kalaupun tidak ada ,maka beban ini menjadi tanggungan seluruh umat Islam.Adapun mengkafani janazah dilakukan sebagai berikut :
1. Persiapan
a. Persiapkan kain kafan secukupnya,diutamakan berwarna putih.
b. Kain kafan untuk janazah laki laki terdiri dari 3 lembar,sedangkan kain kafan untuk janazah perempuan terdiri dari 5 lembar kain kafan,yang meliputi kain basahan,baju kurung,kerudung,dua lembar kain penutup.
c. Persiapkan pula tali sejumlah 3,5,7 atau 9 antara lain : ujung kepala,leher,pinggang,perut,lutut,pergelangan kaki,kemudian siapkan kapas secukupnya serta gunting pemotong.
d. Letakkan kain memanjang searah tubuhnya diatas tali tali yang telah disediakan.
e. Untuk janazah perempuan aturlah mukeena,baju dan kain basahan sesuai dengan letaknya.
2. Tata cara mengkafani janazah
a. Janazah yang masih dalam keadaan tertutup diletakkan membujur diatas kain kafan.
b. Lepaskan kain selubung dalam keadaan aurat masih tertutup.
c. Tutuplah lubang hidung,mulut,dan telinga dengan kapas serta lubang lubang yang mengeluarkan cairan.
d. Bagi janazah laki laki ditutup dengan 3 lapis kain secara rapid an diikat dengan simpul disebelah kiri.
e. Bagi janazah perempuan yang berambut panjang hendaklah rambutnya dikepang bila memungkinkan.
f. Bagi janazah perempuan kenakan kain 5 lapis yaitu kerudung,untuk kepala,baju kurung,kain basahan penutup aurat dan 2 lembar kain penutup secara rapi,serta diikat dengan simpul disebelah kiri)
g. Taburi seluruh bagian penutup tubuh janazah dengan kapur barus dan minyak wangi.
h. Setelah janazah selesai dikafani,tutuplah janazah dengan kain panjang.

D. Mensholatkan Jenazah.
Sholat janazah adalah sholat yang dikerjakan sebanyak empat kali takbir dalam rangka mendo’akan  orang muslim yang sudah meninggal.Janazah yang disholatkan adalah janazah yang sudah dimandikan dan dikafani.Dalam mensholatkan janazah ada ketentuan dan tata cara sebagaimana dijelaskan dibawah ini :
1. Ketentuan Umum
a. Mensholatkan janazah hukumnya fardhu kifayah artinya kewajibannya menjadi gugur bila muslim lain telah melakukan kewajiban tersebut.
b. Sholat janazah dapat dilakukan sendiri atau berjama’ah,namun lebih utama berjama’ah.
c. Imam sholat janazah berdiri pada arah kepala bagi mayat laki laki dan pada arah tengah (lambung) bagi mayat perempuan.
d. Janazah yang boleh disholatkan adalah janazah seorang muslim.
e. Janazah orang yang mati bunuh diri atau orang yang berhutang namun tidak ada yang menjamin hutang tersebut Rosululloh Saw tidak mensholatkan.
f. Janazah yang terpotong potong bila ditemukan bagian dada dan diyakini sebagai orang Islam,tetap dirawat seperti biasa.Bila ditemukan bagian bagian tubuh yang lainnyacukup disiram,dibungkus dan dikuburkan.
g. Imam sholaat janazah diutamakan seseorang yang ada hubungan kerabat dengan janazah.
h. Jika janazah lebih dari satu,maka dapat disholatkan sekaligus,dengan ketentuan :
1.Apabila bersamaan antara janazah laki laki dan perempuan maka dapat diatur antara janazah yang terdekat dengan imam adalah janazah laki laki ,kemudian disebelah kiblatnya janazah perempuan digeser ke tengah supaya bagian pinggangnya sejajar arah kiblat dengan imam.
2.Apabila terdapat lebih dari satu janazah laki laki,maka yang ditempatkan terdekat dengan imam adalah laki laki yang sholih.

i. Makmum masbuq pada sholat janazah hendaknya menyempurnakan takbir kekurangannya.
j. Sholat janazah dapat dilakukan di dalam masjid,di rumah janazah,atau tempat tempat lain yang memungkinkan.

2. Ketentuan khusus sholat janazah
a. Orang yang mensholatkan janazah harus telah memenuhi syarat sahnya sholat.
b. Tidak ada ketentuan apakah janazah harus membujur ke utara atau ke selatan.
c. Berdiri menghadap kiblat dengan posisi janazah di depan imam.
d. Sholat janazah lebih utama dilakukan berjama’ah.Adapun ketentuan 3 shof bukanlah suatu keharusan.
e. Imam berada di arah kepala janazah laki laki dan diarah lambung janazah perempuan.
f. Shof laki laki di muka sedangkan shof perempuan di belakang.
3. Syarat syarat sholat janazah
a. Suci dari hadats besar dan kecil
b. Suci badan,pakaian dan tempat dari najis.
c. Menutup aurat.
d. Menghadap kiblat.
e. Keadaan mayat sudah dimandikan dan dikafani.
f. Letak mayat ada disebelah kiblat orang yang mensholatkan kecuali jika sholat ghoib.
4. Tata Cara sholat janazah
Sholat janazah dilaksanakan dengan cara sebagai berikut :
a. Niat ikhlash untuk mencari keridhoan Alloh Swt.Hal ini berdasarkan sabda :
Hal ini didasarkan pada Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda:

« إِذَا صَلَّيْتُمْ عَلَى الْمَيِّتِ فَأَخْلِصُوا لَهُ الدُّعَاءَ . – رواه أبو داود
  “Apabila kalian menshalatkan mayit, maka ikhlaskanlah doa untuknya.” (HR Abu Dawud)

Hal ini didasarkan kepada sabda Rasulullah saw:

” إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى – رواه البخاري
“Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan … (HR Bukhari).
b. Membaca takbir pertama seraya mengangkat kedua tangan lalutangan kanan memegang tangan kiri dan keduanya diletakkan di dada(bersedekap)dilanjutkan dengan membaca al-Fatihahdan sholawat kepada nabi muhammad Saw.
c. Membaca takbir kedua seraya mengangkat kedua tangan kemudian kembali ke posisi bersedekap diteruskan dengan membaca doa.
d. Membaca takbir ketiga seraya mrngangkat kedua tangan kemudian kembali ke posisi bersedekap,diteruskan membaca doa.
e. Membaca takbir keempat seraya mengangkat kedua tangan skemudian kembali keposisi bersedekap,,diahiri dengan membaca salam seraya memalingkan muka ke kanan seraya membaca salam dan ke kiri denganS membaca salam.
5. Bacaan dalam sholat janazah
a. Takbir pertama membaca al-Fatihah dan membaca sholawat nabi.
Setelah Fatihah dilanjutkan dengan membaca sholawat :

اَلّٰلهُمَّ صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلى اِبْرَاهِيْمَ وَآلِ اِبْرَاهِيْمَ, وَبَارِكْ عَلى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلى اِبْرَاهِيْمَ وَآلِ اِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
 “Ya Allah, limpahkanlah kemurahanMu kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana telah Engkau limpahkan kepada Ibrahim dan keluarganya. berkahilah Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberkahi pada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Terpuji dan Maha Mulia”.
b. Takbir kedua membaca doa seperti ini :
membaca doa untuk jenazah
اَلّٰلهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِمَاءٍ وَ ثَّلْجٍ وَبَرَدٍ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَ قِهِ فِتْنَةَ الْقَبْرِوَعَذَابَ النَّارِ
 “Wahai, Allah! Berilah ampunan baginya dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah ia. Berilah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya, mandikanlah ia dengan air, es dan salju. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya, keluarga yang lebih baik dari keluarganya semula, isteri yang lebih baik dari isterinya semula. Masukkanlah ia ke dalam surga, lindungilah dari adzab kubur dan adzab neraka.”
Bacaan setelah takbir ke tiga
c. Takbir ketiga membaca doa seperti ini :
Setelah takbir ke 3 membaca doa di bawah ini :

اَلّٰلهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَصَغِيْرِنَا وَ كَبِيْرِنَا وَذَ كَرِنَا وَأُنْثَانَا وَشَاهِدِنَا غَائِبِنَا اَلّٰلهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى الْإِسْلَامِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى الْإِ يْمَانِ اَلّٰلهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلَا تُضِلَّنَا بَعْدَهُ
 “Ya Allah ampunilah kami, baik yang masih hidup maupun yang telah mati, yang kecil maupun yang besar, laki-laki maupun perempuan, yang tampak maupun yang tidak tempak, Ya Allah siapa yang Engkau hidupkan dari kami maka hidupkanlah dia di atas Islam. Dan siapa yang engkau wafatkan maka wafatkanlah dia di atas Iman. Ya Allah janganlah Engkau halangi kami akan pahalanya dan janganlah Engkau sesatkan kami sepeninggalnya.”

Untuk jenazah anak-anak ditambah dengan doa di bawah ini :

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ لَنَا سَلَفًا وَ فَرَطًا وَأَجْرًا
 “Ya Allah jadikanlah dia tabungan, pendahulu dan pahala untuk kami”
d. Setelah membaca do’a pada takbir ke empat diahiri dengan salam

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Keselamatan terlimpah kepada kamu sekalian begitu pula rohmat Alloh dan keberkahanNya.
6. Sunah sunah sholat janazah
a. Merendahkan suara bacaan (sir)
b. Membaca ta’awudz
c. Disunahkan banyak pengikutnya
d. Memperbanyak shof.

Sunday, August 9, 2020

DALIL NAQLI FUNGSI DAN KEDUDUKAN AL-QUR'AN

B. DALIL NAQLI TENTANG FUNGSI DAN KEDUDUKAN AL-QUR’AN.

Al-qur’an memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kitab kitab suci sebelum nya.Hal ini dikarenakan al-qur’an adalah korektor terhadap kitab kitab suci sebelumnya,karena ketinggian dan keistimewaannya kitab suci al-Qur’an banyak ditemukan dalil naqli tentang kedudukan dan fungsi al-qur’an adalah sebagai berikut :
1. Alloh berfirman dalam surat al-A’rof (7) : 158.

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعاً الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لا إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ يُحْيِـي وَيُمِيتُ فَآمِنُواْ بِاللّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

158. Katakanlah: "Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk".


2. Alloh berfirman dalam surat al-Baqoroh (2) : 2.

ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ

2. Kitab (Al Quraan) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa,

C. AL-QUR’AN SEBAGAI PENYEMPURNA KITAB SEBELUMNYA.
Al-Qur’an adalah kitab suci yang sempurna melebihi kitab kitab sebelum nya. Oleh karena itu kitab suci al-Qur’an disebut juga sebagai kitab penyempurna kitab kitab Alloh sebelum nya :
a. Al-Qur’an berfungsi sebagai Nasikh.
Nasikh berarti menghapus, maksudnya al-Qur’an berfungsi sebagai penghapus lafadz maupun hukum yang ada pada kitab-kitab sebelum nya. Semua kitab sebelum al-Qur’an dinyatakan tidak berlaku lagi.Satu satunya yang wajib diikuti dan dilaksanakan petunjuknya adalah kitab suci al-Qur’an.Hal itu disebaabkan :
1. Karena kitab-kitab suci yang terdahulu tidak ada lagi yang utuh dan asli.
2. Karena kitab-kitab suci yang terdahulu hanya berlaku husus untuk umat dan masa tertentu saja.
Hal ini berarti bahwa kitab al-Qur’an menghapuskan (menasihkan)kitab-kitab suci sebelumnya.
b. Muhaimin atau Batu Ujian terhadap Kebenaran Kitab-Kitab yang Sebelumnya.
Al-Qur’an sebagai muhaimin maksudnya adalah korektor terhadap yang terjadi pada kitab-kitab yang sebelumnya,dengan demikian al-Qur’an satu satunya yang dijadikan pegangan.Apa yang dibenarkngan antara al-Qur’an dan kitab kitab sebelumnya al-Qur’an itulah yang benar dan harus diikuti.Dan jika ada perbedaan/pertentangan antara al-Qur’an dan kitab kitab sebelumnya,maka al-Qur’anlah yang benar dan wajib diikuti.Karena seperti yang dijelaskan oleh Alloh sendiri.Kitab-kitab suci sebelumnya tidak bebas dari pemalsuan dan penambahanatau pengurangan.
c. Mushoddiq.
Mushoddiq adalah menguatkan kebenaaran-kebenaran pada kitab sebelum nya,seperti taurot dan injil yang membawakan petunjuk Alloh dan cahaya kebenaran.Hal ini dapat kita lihat seperti berita kedatangan nabi dan rosul yang terahir yang terdapat dalam kitab taurot dan injil.Hal ini dibenarkan oleh al-Qur’an dengan kedatangan nabi Muhammad SAW.
D. AL-QUR’AN SEBAGAI PEDOMAN HIDUP.
1. Isi Kandungan Al-Qur’an
Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam yang di dalamnya tidak ada keraguan sedikit pun. Al-Qur’an adalah petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa.Adapun isi kandungan al-Qur’an adalah sebagai berikut :
a. Aqidaha
Al-Qur’an telah menanamkan kepada kita aqidah tauhid. Aqidah tauhid yaitu suatu keyakinan kepada Alloh Swt.Meyakini bahwa Alloh itu tunggal(esa). Alloh tidak pernah tidur dan tidak pernah beranak.Alloh lah satu satunya sembahan dan hanya kepadaNya kita akan kembali.
b. Ibadah
Ibadah adalah segala bentuk ketaatan yang dijalankan untuk mendapatkan ridlo Alloh Swt.Pilar ibadah diantaranya adalah mengucapkan dua kalimat syahadat,sholat lima waktu,membayar zakat,puasa di bulan romadhon dan menunaikan haji bila mampu.Ibadah adalah bukti dari keimanan kita kepada Alloh.Kalau mengaku beriman tapi tidak diikuti dengan beribadah kepada Alloh maka iman kita adalah bohong belaka.
c. Akhlak
Akhlak adalah perilaku yang dimiliki oleh manusia. Akhlak ada yang terpuji dan ada yang tercela.Alloh Swt mengutus nabi Muhammad Saw untuk memperbaiki akhlak manusia.
d. Hukum-Hukum
Al-Qur’an mengandung hokum hokum yang sangat lengkap,diantaranya,jualbeli(ekonomi),pernikahan,perceraian,hokum waris,peradilan dan lain lain.
e. Tadzkir
Tadzkir adalah sesuatu yang memberi peringatan kepada manusia.Peringatan yang dimaksud disini adalah adanya peringatan siksaan Alloh berupa neraka.Tadzkir juga berisi kabar gembira bagi orang orang beriman.Adapun kabar gembira itu adalah syurga sebagai ganjaran bagi orang-orang yang beriman.
f. Sejarah atau Kisah
Sejarah atau kisah adalah cerita mengenai orang-orang terdahulu baik yang mendapatkan kejayaan maupun orang yang mengalami kebinasaan.Oleh karena itu dalam kehiduppan sehari hari hendaknya kita mengambil pelajaran dari sejarah atau kisah masa lalu.
g. Dorongan untuk berfikir
Al-Qur’an banyak memuat ayat-ayat yang mendorong kita untuk berfikir.Beberapa ayat al-Qur’an juga bias menjadi bahan berfikir dan renungan.Misalnya tentang penciptaan alam semesta ini.Hal ini dapat dilihat dalam al-Qur’an surat ar-rohman (55) : 33 dan al-Mujadalah (58) : 11.
2. Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup
Al-Qur’an diturunkan Alloh seribu emppat ratus tahun yang lalu.Peradaban manusia saat itu sangat berbeda dibanding dengan zaman sekarang.Meskipun demikian,al-Qur’an terbukti mampu bertahan walaupun dizaman berbeda.Al-Qur’an tetap sebagai rujukan dan pedoman pada era modern ini.Oleh karena itu sebagai seorang muslim al-Qur’an hendaknya dijadikan sebagai :
a. Sumber Spiritual
Sebuah majalah terkenal di Amerika Serikat “ TIMES” dalam penelitiannya mengatakan bahwa berdasarkan hasil polling masyarakat Amerika sekarang lebih banyak berdoa daripada berolah ragahura-hura dan lain lain.Artinya mereka sudah jenuh dengan kehidupan modern.Jenuh dengan kehidupan serba materi.Sehingga mereka ingin kembali kepada Tuhan.Karena kehidupan modern yang penuh dengan glamour duniawi tidak mampu memberikan kebahagiaan sejati.Oleh karena itu,obat satu satunya adalah Tuhan (spiritual).Spiritual dapat disebut juga dengan jalan kebenaran.Jalan kebenaran itulah yang disebut kembali kepada al-Qur’an.Hal ini dijelaskan oleh Alloh dalam surat al-Isro (17) : 82

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاء وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ وَلاَ يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إَلاَّ  خَسَاراً

82. Dan Kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

Kewajiban manusia terhadap al-Qur’an :
Mengimani sebagai wahyu Alloh
Mempelajari baik ilmu tajwid,bacaan,makna dan tafsirnya.
Membacanya setiap hari
Mengamalkan seluruh ajaran al-Qur’an  dalam kehidupan sehari hari
Mengajarkan al-Qur’an kepada orang lain sehingga orang lain bias membacanya,memahaminya dan mengamalkannya.

b. Dasar Hukum dan Moral
Al-Qur’an adalah sumber yang utama untuk menuntun manusia kepada jalan kebahagiaan dan keselamatan.Oleh karena itu segala perbuatan dan aktifitas manusia harus bersumber dari nilai nilai al-Qur’an.Al-Qur’an menjelaskan hokum alam.Apabila alam dirusak akan mengakibatkan rusaknya ekosistem.Rusaknya ekosistem mengakibatkan banjir,tanah longsor dan musim kemarau berkepanjangan.Sebagaimana disampaikan oleh Deputi LIPI,bahwa 10 sampai 15 tahun yang akan dating Pulau Jawa akan kekurangan air.Beberapaa daerah dapat diketahui untuk sekarang ini,ketersediaan air tanah sudah mengalami penurunan yang drastic.Hal ini karena tanah atau lahan lahan kosong sudah penuh dengan bangunab beton.
Demikian halnya masalah ekonomi,social dan lainnya.Al-Qur’an telah menyampaikan hokum-hukum secara gambling.Tetapi manusia tidak mau mengambil juga hokum tersebut.Sesuai dengan firman Alloh surat al-Hasyr (59) : 7

مَّا أَفَاء اللَّهُ عَلَى رَسُولِهِ مِنْ أَهْلِ الْقُرَى فَلِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ كَيْ لَا يَكُونَ دُولَةً بَيْنَ الْأَغْنِيَاء مِنكُمْ وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِييدُ الْعِقَابِ

7. Apa saja harta rampasan (fai-i) yang diberikan Allah kepada RasulNya (dari harta benda) yang berasal dari penduduk kota-kota maka adalah untuk Allah, untuk Rasul, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan, supaya harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya.

c. Sumber Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah kebanggaan dan ciri manusia modern.Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi  ini dapat dilihat dari bidang kedokteran,astronomi,biologi,geologi,geografi dan lain-lain.Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut elah disampaikan oleh alQur’an agar manusia menggali semua bidang tersebut.Sebagaimana dalam surat al-Ghosyiyah (88) : 17-20 bahwa Alloh meengajak manusia untuk memperhatikan alam semesta yaitu bagaimana gunung ditegakkan,dan bumi di hamparkan yang mengisyaratkan bahwa disna terdapat bukti kekuasaan Alloh.
Ayat-ayat Aloha da dua yaitu ayat qauliyah yaitu ayat-ayat yang tertulis dalam al-Qur’an,dan ayat Kauniyah yaitu alat-alat yang tidak tertulis dalam alam semesta.Kedua ayat Alloh tersebut adalah sumber ilmu pengetahuan.Alloh memberi posisi yang sangat tinggi bagi orang orang yang beriman dan berilmu pengetahuan.Sebagaimana firmanNya dalam surat al-Mujadalah(58) : 11

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ  لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

11. Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.




E. HIMAH MENJADIKAN AL-QUR’AN SEBAGAI PEDOMAN HIDUP.
Al-Qur’an adalah kalam Alloh Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Sawsebagai pedoman hidup agar manusia senantiasa berada dalam jalan kebaikan dan kebenaran.Berikut ini beberapa hikmah menjadikan al-Qur’an seebagai pedoman hidup :
1. Hati menjadi tenang
Hati akan menjadi tenang apabila menjadikan al-Qur’an sebagai pedoman hidup,karena pada masa sekarang banyak orang yang stress dan tidak tenang dalam menjalani hidup.Dengan menjadikan al-Qur’an sebagai pedoman  hidup maka akan menjadi obat dan penawar hati yang gelisah.
2. Hidup lebih terarah
Hidup akan lebih terarah dan beradab aabila mnjadikan al-Qur’an sebagai pedoman hidup.Hal ini dikarenakan al-qur’an mengandung petunjuk dan pedoman kehidupan akan membuat kita semakin terarah dan selamat dalam kehidupan.



The qur’an is living messenger.You ask it and it answer you.You listen to it and it satisfies you.* Al-Ghozali*
Al-Qur’an itu seperti utusan hidup.Kmu bertanya,ia menjawab.Kamu mendengarkan,ia memberimu kepuasan.* Al-Ghozali *

Thursday, August 6, 2020

ISI AYAT Q.S.AN-NISA : 59

4. Isi Ayat Q.S.An-Nisa : 59

Ayat ini berisi tentang perintah Alloh kepada orang orang yang beriman untuk mentaati Aloh dan RosulNya.Taat kepada Alloh dan Rosulnya dapt dilakukan dengan mengerjakan perintah Alloh dan RosulNya yang wajib maupun sunah serta menjauhi segala sesuatu yang dilarang oleh Alloh dan Rosul.Setelah pihak pertama yang harus ditaati seorangg muslim adalah Alloh maka sesuai dengan ketentuan ayat ini yang harus ditaati adalah Rosululloh SAW.Orang yang mentaati Rosul berarti dia secara otomatis juga taati Alloh.Hal ini disebabkan karena Rosululloh tidak akan memerintahkan kepada umatnya,melainkan perintah untuk taat kepada Alloh sesuai dengan isi wahyu yang beliau terima.Barang siapa yang mentaati Rosul,dapat dipastikan dia sudah taat kepada Alloh.
Selain itu ayat ini juga memerintahkan untuk mentaati Ulil amri dikalangan kaum muslimin.Apapun yang dimaksud dengan ullil amri adalah para pemangku kekuasaan atau pemerintahan muslim yang sah umara’ dan para mufthi keagamaan(ulama).Ketaatan pada ulil amri adalah ketaatan yang bersyarat.Ulil amri wajib ditaati dengan syarat perintah mereka selaras dengan perintah al-Qur’an dan Assunnah yang shohih atau dengan kata lain ulil amri tidak memerintahkan kemaksiatan kepada Alloh.Sebagai muslim yang baik kita wajib mentaati konstitusi negara kesatuan  Republik Indonesia yang selaras dengan nilai nilai keislaman.Dalam hal keagamaan,sebagai pelajar Muhammadiyah kita wajib taat kepada paham keagamaan Muhammadiyah berdasarkan fatwa fatwa yang dikeluarkan oleh majelis Tarjih dan Tajdid sebagai ulil amri kita.

Ayat ini juga memberikan solusi terhadap perbedaan pendapat yang sering muncul dikalangan umat islam,bahkan hal tersebut tidak jarang yang berujung pada konflik internal.Apabila terdapat perbedaan pendapat,seyogyanya umat islam tidak egoism individu maupun golongan.Solusi berdasarkan ayat ini adalah mengembalikan kebenaran dalam perbedaan pendapat yang ada dengan merujuk kepada al-Qur’an dan as-Sunnah.Inilah solusi keumatan yang dijadikan paham keagamaan Muhammadiyah yaitu kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah (maqbulloh).
Berdasarkan isi ayat ini,contoh sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari hariyang harus dimiliki oleh pelajar Muhammadiyah adalah sebagai berikut.
a.Senantiasa mempertahankan prinsi tauhid dan menjauhi perbuatan syirik yang masih mengakar baik dalam ritual adat maupun dalam bentuk yang lain, misalnya mempersembahkan sesaji kepada jin,memakai jimat dan besekutu dengan jin
b. Senantiasa menegakkan sholat wajib lima waktu dan pantang meninggalkannya selama nyawa masih menyatu dengan raga,mengerjakan puasa romadhon,membayar zakat,menunaikan haji bila mampu serta diiringi dengan amalan Sunnah lainnya,
c. Meninggalkan hal hal yang menjadi larangan agama,misalnya : Narkoba,minuman keras,pergaulan bebas,pacaran,tawuran yang jelas tidak memiliki dampak positif bahkan menjadi hal yang dapat menghancurkan masa depan generasi muda dan bangsa.
d. Mentaati hukumpositif negara,misalnya saat berkendara harus mengindahkan peraturan lalu lintas yang berlaku dan tidak boleh ugal ugalan.
e. Mentaati setiap produk fatwa dan putusan majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah sebagai ulil amri rujukan warga Muhammadiyah.
f. Tidak fanatic buta dalam menghadapi perbedaan pendapat keagamaan maupun madzhab yang muncul diantara sesame umat islam dan mengambil tindakan yang paling kuat yang sesuai denga yang termuat dalam al-Qur’an dan as-Sunnah serta menghindari kinflik internal umat Islam.

b.Hadits Riwayat Imam Ahmad tentang Ketaatan Kepada Alloh

Dalil tentang hal ini adalah sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam,
لاَ طَاعَةَ لِمَخْلُوْقٍ فِيْ مَعْصِيَةِ الْخَالِقِ إِنَّمَا الطَّاعَةَ فِي الْمَعْرُوْفِ
“Tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam bermaksiat kepada Allah, sesungguhnya ketaatan itu dalam kebaikan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari shahabat ‘Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu).

لاَ طَاعَةَ : Tidak ada ketaatan إِنَّمَا : sesungguhnya
لِمَخْلُوْقٍ : pada mahluk     الطَّاعَةَ : ketaatan itu
فِيْ : di dalam فِي : di dalam
مَعْصِيَةِ : maksiat الْمَعْرُوْفِ : kebaikan
الْخَالِقِ : pencipta


Isi Hadits Riwayat Bukhori dan Muslim.

Hadits ini berisi sebuah konsep tauhid dan kemurnian pengagungan kepada Alloh.Jika memerintahkan seorang muslimuntuk melakukan suatu hal yang sesuai dengan perintah Alloh dalam al-Qur’an dan as-Sunnah,maka seseorang atau pihak manapun boleh untuk ditaati.Namun sebaliknya ,jika tidak sesuai atau bahkan bertentangan dengan perintah Alloh dalam al-Qur’an dan as-Sunnah,maka perintah tersebut tidak perlu di taati.Inilah tanda kesucian dan kemurnian Islam seorang muslim.Dia hanya tunduk patuh dan taat kepada Alloh.Menaati suatu hal juga karena pertimbangan ketaatan kepada Alloh SWT.
Berdasarkan isi hadits,diantara contoh sikap  dan perilaku dalam kehidupan sehari hari yang harus dimiliki pelajar Muhammadiyah adalah sebagai berikut :
a. Selalu patuh,taat dan berbakti kepada kedua orang tua selama tidak memerintahkan untuk bermaksiat kepada Alloh SWT.
b. Tidak boleh mengkultuskan pendapat manusia.Pelajar Muhammadiyah harus kritis dan selektif dalam menerima pendapat keagamaan dari pihak manapun.
c. Melaksanakan perintah guru dalam kebaikan,menghormati dan memuliakan mereka.


Tuesday, August 4, 2020

PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM PADA MASA DAULAH UMAYYAH DI ANDALUSIA

B.PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM PADA MASA DAULAH UMAYYAH DI ANDALUSIA

1.Pendahuluan

Andalusia adalah sebutan bagi semenanjung Iberia periode Islam.Sebutan itu berasal dari kata Vandalusia artinya negeri bangsa Vandal,karena bagian selatan semenanjung itu pernah dikuasai bangsa Vandal sebelum mereka diusir bangsa Gothia Barat pada abad V Masehi.
Bani Umayyah merebut semenanjung ini dari bangsa Gothia Barat pada masa kholifah al-Malik Ibn Abd al-Malik 86-96 H/705-715 M.Menjelang penaklukan,kekuasaan Gothia Barat mengalami kemunduran akibat perpecahan elit politik,penindasan penguasa Nasrani terhadap orang orang Yahudi dan pembebanan pajak yang sangat memberatkan rakyat.
Andalusia menjadi salah satu propinsi dari Daulah Bani Umayyah sampai tahun 132 H/750 M.Andalusia menjadi salah satu propinsi dari Daulah Bani Abbasiyah sampai Abd al-Rohman bin Muawiyyah,memproklamasikan propinsi itu sebagai negara yang berdiri sendiri pada tahun 138 H/756 M.Sejak proklamasi itu Andalusia memasuki babak baru sebagai sebuah negara berdaulat dibaawah kekuasaan Bani Umayyah II yang beribukota di Cordova sampai tahun 422 H/ 1031 M.
2.Perihal Pemerintahan
Abdur Rohman bin Mu’awiyah menginjakkan kakinya di Andalusia setelah lolos dari upaya embunuhan atas dirinya ketika terjadi revolusi Abbasiyah sekitar tahun 132 H/750 M.Ia dijuluki al-Dakhil karena ia merupakan pangeran Bani Umayyah pertama yang memasuki wilayah itu.
Al-Dakhil berhasil meletakkan dasar sendi yang kokoh bagi tegaknya Daulah Umayyah II di Andalusia.Selama 32 tahun masa kekuasaannya ia mampu mengatasi berbagai ancaman dari dalam negeri maupun serangan musuh dari luar.Karena ketangguhannya itu ia dijuluki Rajawali Quraisy.
Pada masa Abdur Rohman II dengan gelar an-Nashir Daulah Umayyah II mencapai puncak kejayaan dan masih dipertahankan dibawah kepemimpinan al-Mustanshir 350-366 H/ 961-976 M.Ketika al-Muntashir wafat,putranya yang masih berumur 10 tahun dinibatkan menjadi kholifah dengan gelar al-Mu’ayyad.Di ahir kekuasaan al-Muntashir,kekuasaan diambil alih oleh Muhammad bin Abi Amir al-Qohthoni dengan sebutan Hajib al-Manshur.
Al-Mansyur menyingkirkan pangeran pangeran dari bani Umayyah dan pemuka pemuka yang berpengaruh.Tentara kholifah dari Slavia dibubarkan dandigantikan tentara baru dari orang orang Nasrani dari Barbar dan orang nasrani dariLeon,Castilla dan Navarre.Garis kebijalan al-Manshur diteruskan oleh Abdul Malik bin Muhammad dengan gelar al-Malik Mudhoffar 393-399 H/ 1003-1009 M.Sampai saat itu daulah Umayyah masih disegani oleh lawan lawannya hingga belahan utara.
Malapetaka kehancuran mulai melanda istana ketika pemuka Bani Umayyah memecat al-Mu’ayyad dari jabatan kholifah karena ia bersedia memberikan jabatan tertinggi negara itu kepada al-Nashir li Dilillah.Mulai saat itu perebutan kursi khilafah sudah tidak bisa dihindari.Daulah Umayyah ahirnya runtuh ketika kholifah Hisyam III yang bergelar al-Mu’tadhi 418-422 H /1027-1031 M.
3.Kemajuan Peradaban Islam di Andalusia
a. Kemajuan Intelektual

1. Filsafat

Perkembangan filsafat di Andalusia dimulai sejak abad ke 8 hingga abad ke 10.Manuskrip manuskrip Yunani telah diteliti dan diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.Pada masa Khalifah al-Mansyur (754-755 M) telah dimulai aktifitasny enerjemahannya hingga kholifah al-M akmun (813-833 M)
Tokoh utama dan pertama dalam sejarah filsafat Arab Spanyol adalah Abu Bakar Muhammad bin As-Sayigh yang dikenal dengan Ibnu Bajjah.Karya besar beliau adalah Tadbir Al-Mutawahid.Tokoh kedua adalah Abu Bakar Bin Thufail dengan karyanya Hayy bin Yaqdhon.Tokoh filsafat Spanyol lainnya adalah Ibnu Rusd yang di Eropa terkenal dengan Averros dari Cordova.

2. Sains

Sain yang terdiri dari ilmu ilmu kedokteran,fisika,matematika,astronomi,kimia,botani(ilmu tentang tumbuhan),zoology (cabang biologi),geologi,farmasi juga berkembang dengan baik.Tokoh sain dalam bidang astronomi yaitu Abbas bin Farnas,Ibrohim bin YahyaAn-Naqos,Ibnu Safar dan Al-Bitruji.Bidang obat obatan antara lain Ahmad bin Iyas,Ibnu Juljul,Ibnu Hazm,Ibnu Abdurrohman bin Syuhaid.Bidang geografi Ibnu Jubar dari Valencia,Ibnu Batuthoh( Pengeliling dunia sampai samudra Pasai dan Cina).Sedangkan Ibnu Khaldun dari Tunis adalah penulis filsafat sejarah,penulis buku muqodimah.

3. Baahasa dan Sastra

Pada masa Islam di Spanyolbanyak yang ahli dan mahir dalam bahasa Arab,diantaranya Ibnu Sayidih,Muhammad bin Malik,Ibnu Khuruf,Ibnu Al-Hajj dan lain lain.Dalam bidang sastra seperti Ibnu Abdur- Robbih,Ibnu Bassam,Al-Fath bin bin Khaqon dan lain lain.

b. Bidang Ilmu Keagamaan
1. Tafsir
Salah satu mufasir terkenal dari Andalusia adalah Al-Qurtubi (wafat 1273 M).Dengan karyanya adalah Al-Jami’uli Ahkam Al-Qur’an,kittab tafsir yang terdiri dari 20 jilid ini terkenal dengan nama Tafsir Al-Qurtubi.
2. Fiqih
Dalam bidang fiqih,para ahli fiqih antara lain Abu Bakar bin Al-Quthiyah,Munis bin Sa’id Al-Baluthi,Ibnu Rusd dan Ibnu Hazm.
c. Bidang Arsitektur
Pada masa ini bangunan bangunannya memiliki nilai arsitektur yang tinggi.
1. Cordova
Kota Cordova oleh penguasa muslim dibangun dan diperindah.Jembatan besar dibangun diatas sungai yang mengalir ditengah kota.Taman taman menghiasi ibu kota.Sekitar ibukota berdiri istana istana yang megah.Diantara kebanggaan kota Cordova lainnya adalah Masjid Cordova.Kota ini memiliki 491 masjid.
2. Granada
Posisi Cordova diambil alih oleh Granada di masa masa ahir kekuasaan Islam di Andalusia.Arsitektur bangunannya terkenal di seluruh Eropa.Istana Al-Hambra yang megah dan indah adalah pusat dan puncak ketinggian arsitektur di Andalusia.
3. Sevilla
Salah satu arsitektur di Seillia adalah pembangunan masjid yang didirikan tahun1171 M Sultan Yusuf Abu Ya’kub,kini telah dirubah dari masjid menjadi gereja dengan nama Santa Maria de la sede.

Monday, August 3, 2020

BAB II PERAWATAN JENAZAH


Lanjutan  BAB I

5. Jika sakit semakin berat maka ia dihadapkan kearah kiblat.

Apabila seseorang dipastikan meninggal,maka hendaknya dilakukan hal hal sebagai berikut :
1.Memejamkan maa si mayat.
2.Mendoakan dengan doa yang di ajarkan oleh Rosululloh SAW :
Do'a Memejamkan Mata Mayat

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِفُلاَنِ: (sebut namanya) وَارْفَعْ دَرَجَتَهُ فِي الْمَهْدِيِّيْنَ، وَاخْلُفْهُ فِي عَقِبِهِ فِي الْغَابِرِيْنَ، وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، وَافْسَحْ لَه فيِ قَبْرِهِ وَنَوِّرْ لَهُ فِيْهِ.
“Ya Allah, ampunilah fulan (sebut namanya), angkatlah derajatnya bersama orang-orang yang mendapat petunjuk. Hendaklah Engkau menjadi pengganti untuk anak turunannya (peliharalah mereka). Ampunilah kami dan dia wahai Tuhan Penguasa alam. Luaskan baginya dalam kuburannya dan berilah penerangan di dalamnya“.

3.Selubungilah mayat dengan kain selubung yang bagus.
4.Dibolehkan mencium dan menangisi mayat sepanjang tidak berlebihan dan meratap ratapinya.
5.Hendaklah keluarga terdekat mengurusi hutang si mayat jika memiliki hutang untuk segera dilunasi jika memiliki kelonggaran harta dan diambilkan harta si mayit.
6.Hendaknya si mayat dirawat dengan baik.
7.Memberitahu kepada kerabat,teman dan tetangga tetangganya.Bagi yang mendengar atau tertimpa kematian saudaranya maka disunnahkan untuk membaca istirja’.
إنّاَ لِلهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجُرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

“Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya”H.R.Muslim.
8.Hendaklah memberikan bantuan kepada keluarga duka baik bantuan berupa material maupun moril untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.Teman atau saudaranya yang mendengar saudaranya meninggal maka dianjurkan melakukan ta’ziyah.Ta’ziyah berasal dari kata al-iza’u yang artinya sabar.Dengan demikian ta’ziyah adalah menyabarkan dan menghibur orang orang yang ditimpa musibah dengan mengucapkan kata kata atau melakukan sesuatu yang dapat menghilangkan duka dan meringankan derita mereka.Ta’ziyah memiliki beberapa keutamaan antara lain :
a.Ta’ziyah dapat menyadarkan diri kita bahwa setiap orang itu akan mati.
b.Mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT.
c.Menumbuhkan kesadaran dalam diri kita untuk bertobat dan beramal sholeh.
d.Menumbuhkan sikap gotong royong dan saling tolong menolong dalam kebaika.
e.Menghibur keluarga si mayit dan meringankan beban penderitaan dan kesedihan mereka.


BAB II
PERAWATAN JANAZAH

Rosululloh SAW bersabda “Ada lima kewajiban muslim terhadap muslim lainnya yaitu mengucapkan salam,menghadiri undangan,menjenguk orang Islam ketika sakit,mengantarkan janazah,dan mendoakan orang bersin ketika memuji Alloh”.Pernahkah kalian melakukan salah satu perawatan janazah ?Walaupun hanya salah satu tahap saja misalnya memandikan,mengkafani,mensholati atau menguburkan.Lalu bagaimana tuntunan tata cara perawatan janazah menurut Rosululloh SAW ? Mari kita pelajari masalah ini dalam uraian berikut.
A.    Hukum Pengurusan Jenazah.
Syariat Islam mengajarkan bahwa setiap manusia pasti akan mengalami kematian yang tidak pernah diketahui kapan waktunya.Sebagaimana firman Alloh SWT dalam Q.S.al-Anbiya (21) : 35.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ


Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.
Hukum mengurus jenazah muslim adalah fardlu kifayahartinya jika sebagian kaum muslimin sudah ada yang mengurusi jenazah,maka muslim lainnya tidak berdosa.Tetapi bila tidak ada yang melaksanakan,maka umat Islam di lingkungan tersebut semua berdosa.Meskipun hokum merawat jenazah itu fardlu kifayahtetapi karena merupakan ajaran Nabi,maka semua kaum muslimin perlu melaksanakan dengan penuh ketaatan.
    Bagaimana halnya dengan jenazah non muslim?.Dalam ketentuan hokum Islam sudah jelas bahwa kewajiban perawatan jenazah hanya berlaku bagi umat Islamterhadapp sesame muslim.Jika ada jenazah non muslim maka umat Islam tidak boleh mengurusnya sebagaimana mengurusnya umat Islam.Apabila umat Islam membantu pengurusan jenazah non muslim hanya sebatas hubungan kemasyarakatan.Misalnya membantu menyiapkan tenda,tempat duduk dan lainnya.
Apabila seseorang telah dipastikan meninggal ,maka hal hal yang perlu segera dilakukan adalah :
1.   Memejamkan matanya,seraya membaca kalimat istirja’dan memintakan ampun atas dosanya.
2.   Mensedekapkan di dada dan kakinya dilu diluruskan (apabila sulit disedekapkan atau diluruskan maka bias diikat dengan tali dari kain)
3.    Mulutnya dikatupkan dengan mengikatkan kain dari dagu sampai kepala.
4.   Meletakkan jenazah membujur kearah utara dan badannya diselubungi dengan kain.
5.    Menyebarluaskan berita kematiannya kepada kerabat dan handai taulannya.
6.   Diperbolehkan menangisi jenazah sewajarnya,selama tidak sampai menjerit jerit dan meratapi jenazah,jangan menampar pipimengoyak pakaian,dan lain sebagainya.
7.  Menyegerakan pelunasan hutang jenazah baik dibayar dari harta peninggalannya maupun dari pertolongan dari keluarga itu sendiri.
8.Menyegerakan perawatan jenazah yang terdiri dari memandikan, mengkafani,mensholatkan dan menguburkan.

Sunday, August 2, 2020

BAB II.KEDUDUKAN DAN FUNGSI AL-QUR'AN DAN KITAB KITAB ALLOH SWT


B A B II
KEDUDUKAN DAN FUNGSI AL-QUR’AN DAN KITAB-KITAB ALLOH SWT

Apakah kalian pernah jauh dari orang orang yang kalian sayangi ?Misal jauh dari ayah dan ibu ?Atau jauh dari guru kalian yang kalian kagumi ? Apa yang kalian lakukan ketika kalian merasa rindu ? Rindu ingin bertemu dengan orang yang kalian rindukan bukan ? Karena kalian rindu,maka kalian ingin berkomunikasi dengannya.Zaman sekarang bukan lagi halangan untuk berkomunikasi,bias dengan aplikasi whatshapp,BBM,Facebook dan lain lain.
      Lalu bagaimana kalua kalian rindu dengan sang pencipta?Apakah kalian pernah merindukan yang memberikan kehidupan ini?Memberi makan,minum,udara untuk bernafasdan membuat kalian menjadi mahluk yang sempurna ini.Bagi kalian yang pernah merindukan dengan sang pencipta,maka berbahagialah,karena Dia telah menyediakan surat cinta untuk kalian yaitu Al-Qur’an.
      Tahukah kalian karena begitu cintanya Alloh kepada hambaNya,maka turunlah kitab suci Al-Qur’an.Agar hambanya tidak tersesat dan menuju kembali kepadaNya.Di dalamnya terkandung kabar gembira dan peringatan.Kalau tidak ada Al-Qur’an ini sungguh kita akan tersesat jauh dan tidak bias akan kembali kepada sang pencipta.
      Iftitah
Orang yang memiliki keimanan akan selalu rindu untuk membaca Al- Qur’an.Baginya Al-Qur’an adalah obat. Al-Qur’an adalah penyejuk.Dan juga Al-Qur’an adalah pemimpin dan penolongnya nanti di akhirat.Bahkan orang yang  beriman hatinya bergetar ketika ayat ayat al-Qur’an dibacakan.
      Al-Qur’an diturunkan tentulah memiliki kedudukan yang istimewabegitu juga memiliki fungsi dan manfaat yang cukup besar.Fungsi dan manfaat al-Qur’an yang cukup besar dapat dicontohkan langsung oleh al-Qur’an sebagaimana dijelaskan bahwa” Alloh akan mengangkat derajat orang orang yang beriman dan berilmu”.Maka seorang siswa yang beriman akan giat beribadah dan belajar bersungguh sungguh.Karena ia akan mematuhi apa yang di perintahkan oleh al-Qur’an.Dengan mempelajari bab ini diharapkan siswa dapat menjadi generasi Robbani yang menjadikan al-Qur’an sebagai cahaya dan petunjuk untuk menuntun jalan menuju Tuhan.Aamiin.

A.    KEDUDUKAN DAN FUNGSI AL-QUR’AN.
1.    Pengertian al-Qur’an
Kata Qur’an menurut bahasa berarti bacaan.Sedangkan secara istilah al-Qur’an adalah kalam Alloh yang diturunkan kepada manusia melalui Rosululloh SAW secara mutawatir,mukjizat,membacanya merupakan ibadah,dimulai dari surat al-Fatihah dan diakhiri surat an-Naas.
Wahbah Az-Zuhaili dalam kitab Ushul al-Fiqih al-Islam menyimpulkan baahwa ciri ciri al-Qur’an adalah :
a.     Al-Qur’an merupakan firman Alloh yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.Kitab kitab sebelum al-Qur’an juga disebut wahyu Alloh tetapi tidak termasuk al-Qur’an.Karena tidak diturunkan kepada nabi Muhammad SAW.Bukti al-Qur’an sebagai kalam Alloh dapat dilihat dari mu’jizat yang terkandung di dalamnya,seperti struktur bahasa,isyarat-isyarat ilmiyahdan ramalan ramalan masa depan.
b.    Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab dengan dialek Quraisy.Hal ini ditegaskan dalam al-Qur’an Surat Yusuf (12) : 2.
c.     Al-Qur’an diturunkan secara mutawatir artinya al-Qur’an diriwayatkan oleh banyak orang menurut kebiasaan mustahil mereka berdusta.Alloh menjamin kemurnian al-Qur’an dan Alloh sendiri yang menjaganya sebagaimana firmanNyadalam Q.S.al-Hijr (15) : 9.
d.    Alloh memberi pahala kepada mereka yang membaca al-Qur’an,dengan pahala setiap hurufnya satu kebaikan dan setiap kebaikan dilipatgandakan sepuluh kali kebaikan,hal ini sesuai sabda Rosululloh SAW yang artinya : “Siapa yang membaca huruf dari al-Qur’an ,maka ia akan mendapat satu kebaikan dan satu kebaikan bernilai sepuluh kebaikan.Saya tidak mengatakan alif lam mim satu huruf,akan tetapi alif satu huruf,lam satu huruf dan mim satu huruf.(H.R.At-Tirmidzi).
e.    Al-Qur’an dimulai dengan surat al-Fatihah dan diakhiri surat an-Nas.Tata urutan tersebut dilakukan oleh Rosululloh SAW atas petunjuk Alloh melalui malaikat jibril.
2.    Kedudukan al-Qur’an adalah mu’jizat nabi Muhammad SAW yang paling besar.Kemu’jizatan al-Qur’an mengalahkan mu’jizat nabi danrosul yang lain.Al-Qur’an juga memiliki kedudukan yang paling istimewa dalam Islam,yaitu sebagai sumber hukum pertama dan utama.
Sifat dinamis yang dimiliki al-Qur’an maksudnya adalah bahwa al-Qur’an berlaku dimana saja,kapan saja dan kepada siapa saja.K arena al-Qur’an diturunkan tidak hanya untuk umat tertentu,tetapi berlaku untuk seluruh umat hingga ahir zaman.
Al-Qur’an memiliki sifat al-haq.Al-Haq artinya benar.Maksudnya adalah al-Qur’an mengandung kebenaran yang dibuktkan dengan fakta dan kejadian yang sebenarnya.Al-Qur’an juga bersifat mutlak.Maksudnya al-Qur’an tidak diragukan kebenarannya dan tidak terbantahkan.
3.    Fungsi al-Qur’an
Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam.Al-Qur’an adalah pedoman hidup yang tidak boleh ditinggalkan.Semua tingkah laku dan perbuatan manusia harus senantiasa bersumber dari al-Qur’an,karena al-Qur’an mempunyai fungsi diantaranyaa untuk mengatur kehidupan manusia di dunia.Adapun fungsi al-Qur’an yang lain sebagai berikut :
a.     Al-Qur’an sebagai bukti bahwa nabi Muhammad adalah sebagai nabi dan rosul Alloh.Al-Qur’an adalah firman Alloh bukan ucapan nabi Muhammad SAW belaka.Al-Qur’an adalah mu’jizat nabi Muhammad SAW terbesar.Mu’jizat al-Qur’an ini melebihi mu’jizat nabi nabi sebelumnya.Karena al-Qur’an diperuntukkan untuk seluruh umat manusia sampai ahir zaman.
b.    Al-Qur’an adalah way of life bagi seluruh umat manusia.Al-Qur’an mampu memecahkan persoalan umat manusia yang meliputi persoalan hukumsosial ekonomi,budaya,pendidikan dan moral bias diatasi dengan al-Qur’an.
c.     Al-Qur’an adalah sumber hokum tertinggi dan merupakan rujukan utama dalam mengambil sebuah keputusan.Semua persoalan yang terjadi di masyarakat maka wajib merujuk kepada al-Qur’an.
d.    Al-Qur’an sebagai korektor untuk mengoreksi kepercayaan kepercayaan yang tercantum dalam kitab sebelumnya.Termasuk mengoreksi pandangan dan anggapan yang ada dalam kitab sebelumnya.Adapun pemahaman yang dikoreksi al-Qur'an’dari kitab kitab sebelumnya adalah :
1.    Ajaran Trinitas.
2.    Kepercayaan bangsa Arab pra slam,bahwa Tuhan itu mempunyai anak perempuan yaitu malaikat.Hal ini dijelaskan dalam al-Qur’an surat an-Najm (53) : 27.
3.    Al-Qur’an adalah pengukuh kebenaran kitab kitab suci yang diturunkan sebelum al-Qur’an.Al-Qur’an juga membenarkan para nabi dan rosul sebelum nabi Muhammad SAW.Kitab kitab selain kitab al-Qur’an sekarang telah banyak dirubah isinya,sehingga kitab itab selain al-Qur’an isinya sudah tidak asli lagi.